MO NIQUE


Setiap pagi, sebelum berangkat ke kantor, saya selalu meluangkan waktu menonton acara Oprah Winfrey. Rasanya setiap hari selalu saja ada inspirasi baru yang saya peroleh dari acara sepanjang 45 menit yang sampai ke layar televisi kita sudah sangat jauh dari jadwal tayang aslinya.

Pagi ini, Oprah mengundang seorang bintang muda, Monique. Perempuan ini bercerita tentang pengalamannya di dunia peran, cita-citanya dan akhirnya berujung pada berat badannya yang kini menyusut hingga 26 kilo.

Alih-alih menerima pujian dan menuai kekaguman, Monique justru kena protes teman-teman dan penggemarnya. Mereka beranggapan, dengan menurunkan berat badan Monique sudah berkhianat terhadap kelompok lama yang selama ini mendukungnya. Awalnya, Monique jengkel. Tetapi kemudian rasa itu berubah jadi keprihatinan Monique melihat teman dan penggemar  yang menganggap berbadan besar (kelebihan berat badan sehingga menjadi sangat gemuk) itu baik dan benar.

Menurut Monique, “Saya tidak pernah bercita-cita susut hingga ukuran 0. Itu tidak mungkin dan tidak sehat. Yang saya inginkan cuma satu: jadi perempuan yang sehat, bugar dan lincah. Untuk itu berat bedan saya harus turun. Saya ingin tetap sehat dan bugar sampai cucu-cucu lahir dan besar.” Ia kemudian menambahkan bahwa menjadi gemuk, tentu boleh sepanjang kondisi jantung tetap baik, gula darah dan tekanan darah normal, dan kolesterol tidak membahayakan.

Pengalaman Monique, menurut saya sangat menarik dan sebenarnya terjadi di mana-mana. Seorang teman saya yang memilih hidup sehat kehilangan beberapa teman yang merasa ia tak lagi ‘seru’. Teman yang lain dikeluarkan dari kelompok SuperBig karena ukuran bajunya bergeser dari XXXL menjadi XL.

Apakah besar tak indah? Ukuran itu relatif, menurut saya. Yang utama adalah bagaimana tubuh kita berfungsi dengan baik, sehat dan normal. Kalau ukuran besar itu membuat kita sesak napas dan tak bisa bergerak, berarti kurang baik. Kalau ukuran besar itu membuat kita cepat lelah, menghabiskan banyak uang untuk biaya ke dokter atau obat, berarti itu tidak baik. Besar boleh. Tapi harus musti kudu sehat. Seperti Monique. Itu menurut saya. Dan semoga Anda setuju juga.

*) pernah dimuat di http://www.preventionindonesia.com

About rgaudiamo

a mother, a writer, an occasionally singer
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

