the scanning society


Ibu saya bilang, saat berkenalan dengan seseorang, mata kita harus langsung menemui matanya. Lurus. Pada saat itu wajahnya pasti akan tertangkap mata secara utuh. Senyum. Sudah. Jangan biarkan mata ngelencer ke atas dan bawah seperti per.  Tak perlu melotot.  Nasihat itu ia sampaikan ketika saya masih kelas 4 SD, artinya sudah nun sahibul hikayat… sudah lama sekali.

Tapi sekarang saya melihat nasihat ibu saya itu sudah tak berlaku lagi. Saya perhatikan, setiap kali berkenalan dengan seseorang saya kena scanning. Mata orang yang berkenalan dengan saya ini, secara otomatis bergerak turun naik, minimal dua kali bolak balik. Persis seperti pemindai gambar itu.  Pertama kali kena scanning, saya pikir itu penyakit pribadi orang yang bersangkutan, yang kebetulan bakal jadi bos saya pada suatu masa. Tetapi setelah berkenalan dengan lebih dari berpuluh orang, dan terus-terusan kena scanning, saya paham: kegiatan memindai penampilan orang itu adalah hal biasa!

Terserah apa kata orang, buat saya kegiatan itu tak pantas dilakukan. Iseng-iseng saya bahas kegiatan itu dengan seorang teman. Ternyata ia juga sering jadi objek scanning orang di sekitarnya. “Itu kegiatan yang tidak sopan. Melihat orang dengan cara seperti itu sama saja dengan menaksir apakah kita ini sejajar dengannya atau tidak. Tetapi anehnya, kegiatan itu justru dilakukan oleh orang-orang yang tampaknya intelek dan paham soal sopan santun. Bukan orang sembarangan!” Ah, the Scanning Society was born. Harus diterima? Mestinya tidak. Kalau kelakuan itu berlangsung di negeri seberang, bisa-bisa orang yang melakukannya akan kena tampar.  Numpang nanya, “Sesungguhnya, mereka yang terlibat dalam scanning society itu pernah nggak sih diberi tahu ibunya bahwa kegiatan  itu bukan sesuatu yang baik?” Maaf, saya penasaran. Dan maaf, saya tidak bisa menerima kegiatan itu.

Pernah dimuat di majalah AREA, 2009

About rgaudiamo

a mother, a writer, an occasionally singer
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s