Semua bermula darimu, Ibu


Hampir setiap pagi, bila waktu mengijinkan, saya menghabiskan satu jam di depan televisi, menonton acara Oprah.

Pagi ini, ia mengundang seorang pakar nutrisi. Di salah satu sesi tanya jawab, seorang ibu mengeluh  telah gagal mencegah anaknya makan berlebihan. Padahal ia sangat ingin anaknya sehat, tidak seperti dirinya yang kelebihan berat badan dan sakit-sakitan. Adakah kegemaran makan termasuk dalam soal keturunan?

Sang ahli balik bertanya: ketika meminta anak untuk tidak makan terlalu banyak, apakah ibu melakukan hal yang sama atau tetap makan berlebihan? Ketika anak makan buah, apakah ibu ikut makan buah?  Artinya, bagaimana seorang anak mau melakukan hal-hal yang ‘kurang menyenangkan’ kalau ibunya justru melakukan yang sebaliknya?

Menjadi ibu memang pilihan.

Tetapi pilihan itu mengantar kita pada konsekuensi yang tak berhenti pada urusan melahirkan, memberi makan serta kebutuhan material. Menjadi ibu membawa kita pada tuntutan untuk menjadi contoh yang baik dan benar. Artinya, ketika ingin anak lebih sering berolahraga, maka kita harus memulainya terlebih dahulu. Ketika ingin anak lebih sering minum air dan mengurangi makan yang manis-manis dan gorengan, maka kita harus terlebih dahulu  melakukannya dengan taat. Ketika khawatir anak akanmencoba merokok, berilah contoh dengan berhenti atau tidak merokok sama sekali.

Menjadi ibu bukan sembarang pilihan dan bukan hal mudah. Dan ketika memilihnya kita sudah berpikir dengan matang dan sungguh. Maka jadikanlah pilihan ini sebagai hal penting dan utama. Memilih dengan cinta, mencintai pilihan, lengkap dengan segala tanggung jawab dan aturan main yang mengikutinya. Mari kita jadikan pilihan ini hal terbaik yang kita lakukan agar bisa membawa hasil akhir yang membahagiakan di akhir nanti.

Mari

 

*pernah dimuat di majalah PREVENTION INDONESIA

About rgaudiamo

a mother, a writer, an occasionally singer
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s