YOU are the one


Seminggu lalu, saya punya janji makan siang dengan seorang teman. Kami sudah hampir dua tak tahun tak bertemu. Sejam sebelum kami bertemu, saya terima pesan singkat darinya: Janjian batal, musti ke rumah sakit. Langsung dia saya telepon, mencari tahu siapa yang sakit. Panggilan saya tak dijawab hingga beberapa jam. Baru besoknya ada pesan lagi: Saya yang sakit. Dirawat.
Setelah tanya jawab via sms, akhirnya saya tahu bahwa teman ini punya penyakit maag yang lumayan gawat dan sudah tahunan diderita. Dan ambruknya dia hari itu dikarenakan lupa makan tapi tak berhenti minum kopi.Tak ingin membuat orang sakit tambah stress, saya hentikan tukar pesan kami itu. Tetapi dalam hati, saya sebetulnya prihatin. Pasalnya, teman ini tahu betul penyakit yang dipeliharanya. Dia juga bukan orang yang tak paham cara mengatasinya, atau setidaknya mengurangi sehingga tak sering kambuh, lalu mengapa ia tetap melakukan semua yang dilarang?

Malas, lupa atau tak peduli?

Teman-teman, pada dasarnya tubuh yang kita miliki ini sangat luarbiasa. Sangat canggih, sangat mampu melakukan perbaikan diri. Tetapi untuk menjalankan semua program super itu, kita harus menjaganya dengan makan yang benar, melakukan kebiasaan sehat. Mulai dari makanan sampai pola tidur, dari menjaga kebersihan sampai merawat kulit…

Cuma kita yang bisa, dan harus melakukan itu. Bukan orang lain.

Dan ketika semua itu dilakukan, siapa yang mendapatkan manfaatnya? Tiada lain, kita sendiri.

Jadi, mulai sekarang, tolonglah jaga kesehatan sendiri. Sudah tahu tidak tahan gorengan, jangan tes jimat dengan menyantapnya tanpa henti.

Sudah waktunya urus diri sendiri. Sekarang.

*pernah dimuat di majalah PREVENTION INDONESIA

About rgaudiamo

a mother, a writer, an occasionally singer
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

