You are what you…


Kemarin-kemarin sih, kalimat di atas akan diteruskan sehingga berbunyi : You are what you are. Kau adalah kau, berbeda dari yang lain, unik, penuh pesonan. Pokoknya, hebat dan luarbiasa sebagai pribadi yang utuh. Begitu. Tetapi, sejalan dengan waktu, rasanya kalimat di atas lebih cocok kalau jadi : You are what you eat!
Tulisan tentang kanker, rangkaian artikel yang menyinggung soal flat belly-membuat kalimat di atas benar adanya: segalanya bersumber dari yang kita makan setiap hari.

Kita sering lupa, kegiatan makan itu bukan sekedar pelenyap rasa lapar dan pemuas indra perasa yang sensitif di lidah. Makan adalah kegiatan penting yang membantu organ tubuh bekerja baik dan sehat, sehingga yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. 

Mengingat organ tubuh kita itu saling sambung dan terhubung satu dengan yang lain, efek makanan yang masuk pasti dirasakan oleh semua pihak yang ada di dalam sana. Berlebih makan lemak bukan saja menimbulkan jerawat di pipi, tetapi mengganggu kerja jantung!

Kita juga merasa bahwa makan banyak adalah hal biasa. Bahwa perut menjadi buncit karenanya, itu hal lumrah. Padahal, sejatinya perut harus rata. Bukan untuk urusan fashion! Perut yang rata, karena pemiliknya rajin gerak dan makan dengan benar, membuat tubuh dijamin sehat. Perut yang membuncit adalah gejala bertumbuhnya penyakit.

Tak percaya? Baca saja buku Dr. Tan Shot Yen yang berjudul Saya Pilih Sehat dan Sembuh, terbitan Dian Rakyat

We are what we eat.
So, Let’s eat well. Let’s live well.

 

*pernah dimuat di majalah PREVENTION INDONESIA

About rgaudiamo

a mother, a writer, an occasionally singer
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s