TENTANG KITA – kumpulan cerpen


stiletto cover pic2b-2

Akhirnya lahir juga.

Saya bilang akhirnya, karena proses penerbitan kumpulan cerpen ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 lalu. Atau 2011, ya? Lupa. Pokoknya sudah lamaaaa sekali.

Dimulai dengan sebuah pesan pendek yang saya terima dari Mbak Herlina P. Dewi, yang mengenalkan penerbitnya: Stiletto Book yang banyak menerbitkan karya penulis perempuan. Wah, langsung senang dan semangat. Tapi saat itu, cerpen saya lagi garing-garingnya. Tidak ada stok.

Tapi Mbak Herlina P. Dewi –yang lebih suka dipanggil dengan Dewi saja–sudah punya jawaban untuk itu: terbitkan semua cerpen yang pernah muncul di berbagai media. Eh, boleh juga. Tapiiii, tak semua cerpen terkumpul dengan baik di laptop. Beberapa –sampai sekarang—masih ada yang belum berhasil saya tarik keluar dari majalahnya. Bukan karena tak boleh, tapi tak sempat. Lalu ada juga yang bentuknya masih dalam bentuk majalah, tidak ada softcopy-nya (karena pada waktu itu dikerjakan dengan mesin ketik Olympia dan Wordstar 5 ☺). Jadi musti diketik ulang.

Meski bisa mengetik lancar 10 jari, nggak pakai lihat tuts keyboard, bukan berarti kegiatan menyalin ulang jadi lancar jaya. Justru tersendat dan nggak maju-maju, karena setiap kali baca satu kalimat, saya terheran-heran sendiri: kok bisa sih nulisnya begini? Walhasil hampir semua cerpen diutak-atik lagi. Cita-cita proses gampang dan cepat terbit, gagal.

Setelah proses utak-atik itu dirasa cukup, naskah kembali dikirimkan. Tapi tertunda lagi, karena menemukan cerpen-cerpen yang pernah muncul di Femina berkat bantuan Iwan Setiawan. Kembali proses penundaan terjadi: baca-baca, utak-atik, rasa-rasa, baru kirim ke Mbak Dewi untuk diedit.

Hasil editan pertama, kurang sukses.
Mbak Dewi turun tangan dan mengedit ulang. Wuiiiiiih, Mbak Dewi….. kau memang tiada duaaa!

Sementara tulisan diedit, cover mulai direka-reka. Ini proses yang juga tidak mudah.
Desain demi desain datang dan pergi. Stiletto bikin, saya ikut buat juga. Email kami diisi kalimat yang –hampir selalu—diawali dengan kata “terlalu”. Terlalu gelap, terlalu terang, terlalu meriah, terlalu sedih, terlalu seram, terlalu sepi, terlalu ramai….. Terlalu bawel penulisnya, hahahaha!
Dan itu masih ditambah dengan diskusi via email soal judul.
“Kayaknya ini lucu deh.”
“Nggak ah, seruan ini.”
“Menjual mana yang ini atau yang kemarin?”
“Yang itu lebih oke, kayaknya.”
“Tapi yang ini lebih gampang diingat.”
“Kalau yang ini lebih dramatis, kan?”
“Nggak ah, kerenan ini….”

Haduuuh, ampun! Ca ne finira donc jamais!

Tetapi pada suatu hari keseruan itu berhenti begitu saja. Stop. Bagaimana bisa begitu, saya tidak tahu. Tapi rasanya persoalan bersumber pada saya. Ketika harus memutuskan judul dan cover, mendadak saya berhenti memberi tanggapan. Saya tak menindak-lanjuti, sementara pada saat itu mungkin Mbak Dewi juga sedang terlibat banyak proyek. Dua tahun terlewati tanpa terasa.

Tahun lalu, Mbak Dewi menyentil. Seperti biasa, lewat jalur favoritnya: twitter. Saya langsung kaget melihat tahun 2014 sudah mau habis dan buku ini tak kunjung bergerak. Saya putuskan untuk segera dituntaskan. Dan sesegera-segeranya ternyata makan waktu 4 bulan juga. Kacau! Karena –setelah judul disepakati—proses bolak-balik soal cover kembali muncul Dari Stiletto datang tawaran, dari sisi saya pun muncul usulan. Begitu terus, hingga akhirnya kami BISA memilih yang terakhir: sekaleng gula-gula. Itulah yang jadi cover sekarang. Masih bolak balik sedikit, tapi lebih pada finalisasi. Fiuh!

Menurut saya –sok berteori nih—sekaleng gula-gula ini mewakili aneka rasa cerpen yang di dalam buku ini. Dan cerita kita yang berbagai-bagai. Sekali lagi itu menurut saya dan diiyakan oleh Mbak Dewi.

Terima kasih, Mbak Dewi. Tanpa semangatmu yang tak kenal redup itu, buku ini tak akan pernah lahir. Sungguh.

Dan kepada Teman-teman yang menyambutnya dengan penuh cinta, sudah memesannya: terima kasih sangat. #peluk

PS:
Teman-teman, besok adalah hari terakhir memesan TENTANG KITA sebelum ia menuju toko buku. Lewat pesanan ini, Teman-teman akan mendapatkan buku lebih dahulu, plus tanda tangan, gambar/corat-coret/pesan khusus–buat yang minta. Buat yang sudah memesan, besok saya akan konfirmasi via inbox FB. Harga final menjadi Rp. 45 ribu termasuk ongkos kirim di JABODETABEK. Untuk daerah lain akan ada tambahan ongkos kirim sesuai tarif JNE yang akan saya konfirmasikan juga via inbox FB. Terima kasih sekali lagi. Kalian memang tiada dua!

About rgaudiamo

a mother, a writer, an occasionally singer
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to TENTANG KITA – kumpulan cerpen

  1. Gita Sonya MS says:

    Sekalipun prosesnya lama… pasti berkesan dan berasa banget ya Bu… 🙂 Sukses selalu… 🙂

    Like

    • rgaudiamo says:

      Terima kasih, Gita. Betul, prosesnya panjang. Tapi jangan-jangan ini memang kebiasaan buruk saya. NaWilla juga dibuat lamaaaaaaaaaa sekali. Sebentar-sebentar diedit, dikurangi, ditambah…. Kayaknya ini kebiasaan jelek saya, deh.

      Kacau.
      Sekarang NaWilla jilid dua lagi mengalami proses itu. Penerbitnya sampai gemes…. hehehe.

      Like

  2. Felicitation Reda ! Masih bisa pesan nggak bukunya plus tanda tangan nya juga, transfernya kemana ? Sukses selalu & tetap berkarya ya… 🙂

    Like

  3. Pingback: Tentang Kita | My Passion

  4. Akhirnya berkunjung ke penulis langsung. Dah lihat buku ini di Mak Carra n Stiletto. Salam kenal Mbak.

    Like

Leave a Reply

